Kamis, 05 November 2020

Krupuk Tulang Bandeng dari SMA Negeri 20 Surabaya


SMA Negeri (SMAN) 20 Surabaya, merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas Negeri yang ada di Provinsi Jawa Timur, Indonesia tepatnya di jalan Medokan Semampir Indah 119 Surabaya. SMA  Negeri 20 Surabaya merupakan salah satu sekolah negeri yang terus berkembang cukup pesat.

Di tengah perkembangan digitalisasi saat ini, SMA Negeri yang dikomandoi oleh Dra.Titik Hariani,M.M. ingin tetap memasukkan unsur kearifan local dalam pengembangannya. Salah satunya memanfaatkan limbah duri ikan bandeng dijadikan krupuk.

 




Duri bandeng setelah direbus diblender

 

Hasil adonan duri bandeng sebelum ditipiskan

 

Proses adonan dipotong tipis-tipis

Kerupuk merupakan salah satu cemilan yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Bukan hanya sebagai cemilan saja, kerupuk terkadang juga menjadi makanan pendamping ketika menyantap makanan utama. Makanan favorit orang Indonesia ini juga sangat mudah kita jumpai. Di tempat makan pun, kita bisa menemukan cemilan ini hampir di setiap meja. Kerupuk memiliki jenis yang beragam. Mulai dari kerupuk nasi, kerupuk kulit, kerupuk udang, hingga kerupuk ikan. Tapi, apapun jenis kerupuk, hampir semuanya cocok di lidah masyarakat. Salah satu yang banyak diminati adalah kerupuk ikan. Selain rasanya yang enak, kerupuk ikan juga sangat pas jika dimakan sebagai makanan pendamping.

Berangkat dari kenyataan di atas SMA Negeri 20 Surabaya mencoba untuk membuat krupuk dari duri ikan bandeng yang banyak di buang ketika bandeng diolah menjadi masakan ikan bandeng tanpa duri. Di bawah komando Mahrozin Azis,S.Pd,M.M. dan dibantu beberapa guru biologi, kimia, dan prakarya.

Penulis  : Imam S

Editor    : Supriyono

Tidak ada komentar:

Posting Komentar