Selasa, 27 Agustus 2019

GERAKAN HEMAT ENERGI SMA NEGERI 20 SURABAYA

Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Jawa Timur mengadakan lomba hemat energi tingkat SMA se-kota Surabaya. SMA negeri 20 terpanggil ikut serta dalam lomba ini. Dengan ikut lomba , sekolah dan siswa dapat melakukan langkah langkah penghematan energy dan air sehingga dapat menciptakan perilaku hemat energy di sekolah dan menerapkan konservasi energy.
Salah satu kegiatan dilakukan adalah  sosialisasi hemat energy dalam bentuk apel di lapangan dalam. Dalam kesempatan ini Dra.Titik Hariani,M.M. selaku kepala sekolah menekankan betapa pentingnya menghemat energi listrik dan air. Di samping dapat menghemat beaya juga membantu pemerintah untuk menghemat energy yang takterbarukan.
Herry Susanto,M.Pd. sebagai ketua palaksana lomba SMA Negeri 20 Surabaya menjelaskan secara teknis  kegiatan yang harus dilakukan anatara lain :
1.       Sekolah membuat kebijakan dalam rangkah mendukung dan melaksanakan program efesiensi dan konservasi energy
2.       Kegiatan penghematan listrik dengan tindakan utama :
a.       Menyalakan AC jam 08.00 sampai dengan jam 15.00
b.      Seluruh ruangan tidak diperbolehkan menutup dengan tirai yang menyebabkan ruangan jadi kurang terang sehingga menyalakan lampu
c.       Mematikan peralatan listrik yang sudah tidak digunakan
d.      Mencabut colokan listrik dan peralatan listrik lainnya setelah selesai digunakan
e.      Melarang siswa mengisi  baterai hp di sekolah
f.        Menyesuaikan suhu AC pada suhu 24 – 26 C
3.       Kegiatan kampanye hemat energi dengan mengadakan lomba membuat mural dengan tema hemat energy.


Dengan melaksanakan semua kegiatan di atas diharapkan memiliki dampak kualitatif yaitu terjadinya perubahan perilaku guru dan siswa dalam membentuk budaya hemat energy dan dampak kuantitatif yaitu hasil pengukuran nilai penghematan energy.


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar