Minggu, 24 September 2017

SMA Negeri 20 Surabaya Melaksanakan Kegiatan LDKS

Latihan Dasar Kepemimpinan / LDK adalah sebuah pelatihan dasar tentang segala hal yang berkaitan dengan kepemimpinan. Pelatihan ini biasanya yang diberikan oleh Pengurus OSIS lama kepada calon Pengurus OSIS baru, baik untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama maupun Sekolah Menengah Atas (untuk LDK tingkat sekolah menengah). Pelatihan dasar yang diberikan ini bertujuan untuk memberikan bekal kepemimpinan kepada Pengurus OSIS baru yang nantinya akan menjadi pemimpin dari seluruh kesatuan OSIS dari sekolah yang bersangkutan.
C:\Users\KOMP PEMKOT\AppData\Local\Microsoft\Windows\Temporary Internet Files\Content.Word\C360_2017-09-24-07-10-06-876.jpg
Sebanyak dua puluh tujuh calon anggota OSIS SMA Negeri 20 Surabaya melaksanakan kegiatan LDKS pada hari Sabtu tanggal 23 September 2017 sampai tanggal 24 September 2017. Mereka mendapat pembekalan dari Dewan Guru, Pembina OSIS, Kepala Sekolah, serta dibantu pengurus OSIS lama di Lingkungan SMA Negeri 20 Surabaya.

Salah satu materi dalam LDKS  ini adalah Latihan Fisik. Peserta dituntut untuk memiliki kedisiplinan yang tinggi, terlebih selama mengikuti dua hari LDKS. Beberapa peraturan yang  diterapkan dalam LDKS harus dipatuhi, misalnya :
Selama pelaksanaan LDKS, peserta harus hadir di tempat LDKS tepat waktu, Kebersamaan ialah hal yang amat diperhatikan selama pelaksanaan LDKS. Jika ada satu peserta saja yang tidak membawa air minum, saputangan, topi, ataupun atribut-atribut lainnya yang telah ditetapkan, maka seluruh pesertalah yang akan menanggung hukumannya, Setiap peserta wajib mematuhi seluruh peraturan dan perintah yang diberikan oleh tim pemberi LDKS. Jika tidak, maka kepadanya akan diberikan hukuman, dan kebersamaan juga diterapkan apabila ada salah satu peserta LDKS yang melakukan kesalahan

Materi kedua yang berhubungan dengan Mental. Untuk LDKS Mental, Untuk LDK Mental pada umumnya, materi yang diberikan secara garis besar ialah dalam bentuk Penyuluhan Mental Kepemimpinan. Kegiatan yang biasa dilakukan dalam LDKS Mental adalah :
Outbond / Kegiatan Alam, seperti :Permainan-permainan yang memiliki nilai kepemimpinan
Pemberian materi kepemimpinan yang dibagi dalam beberapa sessi, seperti :
  • Sesi Kepemimpinan     : Penyuluhan mengenai karakter pemimpin yang benar.
  • Sesi Komunikasi     : Penyuluhan mengenai cara-cara berkomunikasi yang benar sebagai layaknya seorang pemimpin.
  • Sesi Problem Solving / Challange - Proses manajemen konflik : Penyuluhan mengenai cara-cara seorang pemimpin memecahkan masalah secara efektif dan benar.
  • Sesi Dinamika Kelompok : Berupa permainan.-Drs.Supriyono-

C:\Users\KOMP PEMKOT\AppData\Local\Microsoft\Windows\Temporary Internet Files\Content.Word\IMG-20170924-WA0007.jpg

C:\Users\KOMP PEMKOT\AppData\Local\Microsoft\Windows\Temporary Internet Files\Content.Word\IMG-20170924-WA0010.jpg

C:\Users\KOMP PEMKOT\AppData\Local\Microsoft\Windows\Temporary Internet Files\Content.Word\IMG-20170924-WA0012.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar